Penyebab Aki Motor Mudah Rusak yang Harus Diketahui

Terkadang, terdapat kerusakan – kerusakan kecil pada sepeda motor anda yang akan menyebabkan motor menjadi mogok secara tiba – tiba. Hal tersebut tentunya akan membuat waktu anda terbuang sia – sia hanya untuk memperbaiki sepeda motor. Sedangkan di zaman sekarang ini, manusia dituntut serba cepat dan juga tepat waktu. Hal seperti motor mogok terjadi karena banyak hal, salah satunya karena aki motor mudah rusak. Hal tersebut dapat terjadi karena kurangnya perawatan sepeda motor anda, apalagi bagi wanita.

Seperti yang diketahui bahwa tidak banyak wanita yang mengetahui hal – hal seperti merawat sepeda motor yang baik, apalagi tentang aki. Karena dunia otomotif biasanya diminati oleh para lelaki dibandingkan wanita. Tapi, anda yang wanita tidak perlu khawatir, berikut merupakan penyebab aki motor mudah rusak yang harus diketahui :

Penyebab aki motor mudah rusak yang harus anda ketahui
1. Terdapat Modifikasi Berdaya Besar
Di zaman sekarang, modifikasi sepeda motor bukanlah hal yang tabu dan aneh lagi. Bukan hanya modifikasi penampilan luarnya saja, tetapi juga modifikasi perangkat dalamnya. Beberapa orang terkadang tidak puas dengan performa mesin awal yang didapatkan dari pabrik. Maka dari itulah, mereka melakukan modifikasi agar sepeda motornya lebih cepat, lebih irit bensin, dan lain sebagainya. Namun, hal tersebutlah yang membuat aki motor mudah rusak.

Mengapa modifikasi perangkat dalam menyebabkan aki motor mudah rusak? Jawabannya ialah karena modifikasi yang dipasang membutuhkan daya listrik yang lebih besar daripada daya listrik standart pabriknya. Hal tersebut akan membuat aki motor anda soak karena mengeluarkan daya yang lebih besar daripada yang seharusnya.

2. Ada Korsleting Arus Pendek Pada Aki
Penyebab aki motor mudah rusak berikutnya ialah terdapat korsleting arus pendek di aki anda. Korsleting ini akan membuat aki motor anda mengeluarkan daya yang sangat besar sehingga aki akan menjadi cepat rusak atau bahkan langsung rusak. Korsleting sendiri biasanya terjadi karena terdapat rangkaian listrik yang menyentuh badan sepeda motor. Untuk menghindari kasus korsleting seperti itu, anda harus sering – sering memastikan aki anda masih berada dalam kondisi yang baik.

Demikianlah informasi tentang hal yang menyebabkan aki motor mudah rusak yang wajib anda ketahui, terutama anda para wanita. Karena hal tersebut akan membantu anda dalam merawat sepeda motor anda agar tidak ada kerusakan sedikitpun. Semoga artikel ini bermanfaat ya!
Labels: Otomotif
Back To Top